Pahami Perbedaan Custom dan Modifikasi Kendaraan, Kalian Tim Yang Mana?
23 Agustus 2021 Oleh admin 0

Pahami Perbedaan Custom dan Modifikasi Kendaraan, Kalian Tim Yang Mana?

Pahami Perbedaan Custom dan Modifikasi Kendaraan, Kalian Tim Yang Mana? – Memiliki makna yang hamper sama, namun perbedaan custom dan modifikasi kendaraan adalah dua hal yang berbeda. Dalam dunia otomotif , pengertian modifikasi dan custom sejatinya sama – sama memiliki arti mengubah kendaraan dari versi standar. Namun pada praktiknya , dua hal tersebut memiliki makna yang berbeda.

Merujuk pada pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia , modifikasi ialah pengubahan atau perubahan. Sedangkan custom dalam Bahasa inggris jika diterjemahkan yaitu dibuat menurut pesanan. Kebanyakan anak muda sekarang tidak puas dengan penampilan kendaraan mereka yang biasa – biasa saja.

Tidak cukup hanya berpenampilan rapi saja tetapi juga kendaraan yang ditunggangi pun harus selalu update mengikuti zaman. Maka dari itu, mereka rela menguras kantong mereka demi keinginan mereka untuk memodifikasi kendaraannya agar tampil sesuai dengan keinginannya.

Terdapat penjelasan langsung perbedaan custom dan modifikasi kendaraan dari ahlinya yaitu Lulut Wahyudi. Menurut dia dan para pakar modifikasi serta custom yang ada di Indonesia ini bahwa masih banyak dikalangan  masyarakat yang menganggapnya dua hal tersebut sama saja. Padahal kedua hal tersebut merupakan pengetahuan yang paling mendasar dan perlu diketahui dan dipahami dengan benar.

Pahami Perbedaan Custom dan Modifikasi Kendaraan, Kalian Tim Yang Mana?

Pahami Perbedaan Custom dan Modifikasi Kendaraan, Kalian Tim Yang Mana?

Lulut Wahyudi menjelaskan “ Dalam dunia modifikasi mengenal dua style yaitu memodifikasi kendaraan yang sudah ada yaitu beroda dua / motor ataupun kendaraan beroda empat / mobil yang mereka rubah sesuai dengan konsep mereka. Konsep yang dirubah tersebut adalah memodifikasi barang yang sudah ada dan hanya merubahnya dengan kreativitas baru sedangkan orang yang merubah tersebut dinamakan modifikator “

Lulut Wahyudi pun memberikan penjelasan mengenai kriteria utama yang harus dimiliki oleh modifikator dalam memodifikasi motor yaitu orisinalitas ide atau keaslian ide yang dimiliki. Sedangkan custom menurutnya yaitu proses membuat motor dari awal atau nol, baik itu dari membuat bodi kemudian desainnya sampai pada akhirnya menjadi sebuah motor yang bisa dikendarai.

Perbedaan custom dan modifikasi kendaraan di dunia nyata memiliki perbedaan arti yang cukup signifikan. Berikut ini mungkin bisa menjadikan anda dapat mengerti perbedaan dari custom dan modifikasi.

Custom

Segala sesuatu yang dibuat berdasarkan pesanan dan disesuaikan dengan karakter, keinginan atau fungsi tertentu merupakan maksud dari Custom. Dalam Bahasa awam, custom adalah perubahan sesuai dengan kebutuhan konsumen dan mengacu pada perubahan spek kendaraan yang sebagian besar dilakukan secara manual dan cenderung menyeluruh , malah bisa juga dibuat dari nol.

Modifikasi

Pada dasarnya modifikasi adalah mengubah kendaraan dari kondisi standar dengan memasang komponen aftermarket atau bisa juga berasal dari komponen sejenis milik kendaraan lain. Perubahan modifikasi tidak dilakukan secara total sehingga masih memungkinkan kemiripan dengan kendaraan standar atau kendaraan lain. Sebab menggunakan barang yang sama, kemungkinan besar ada dua kendaraan dengan modifikasi yang sama.

Hindari Modifikasi Motor dan Mobil Seperti Ini Agar Tidak Kena Sanksi!

Modifikasi motor dan mobil sejatinya menjadi sebuah hobi bagi sebagian orang. Namun, ada peraturan yang harus dipatuhi terkait hal ini agar tidak terkena sanksi.

Lalu, apa hal yang perlu anda hindari saat hendak ingin memodifikasi kendaraan anda agar tidak kena sanksi, simak beberapa penjelasannya sebagai berikut :

  • Mengubah dimensi motor dan mobil

Jika anda melakukan modifikasi seperti ini tentu akan menjadi sasaran bagi para polisi karena melanggar peraturan yang berlaku. Mengubah ukuran dimensi kendaraan dilarang karena dapat memengaruhi keselamatan pengendara itu sendiri.

  • Mengganti suara klakson

Suara klakson bawaan dari pabrik memang sering kali kurang memuaskan. Namun, kalau modifikasi suara klakson tidak boleh sembarang dilakukan. Sebab, terdapat peraturan dari pemerintah mengenai suara klakson yaitu Peraturan Pemerintah RI No. 15 Tahun 2012 pasal 39 dan 69 yang berbunyi suara klakson yang terpasang di kendaraan tidak boleh sampai mengganggu konsentrasi pengemudi lainnya.

  • Mengubah kapasitas mesin

Buat penggemar kecepatan, mengubah kapasitas mesin atau yang biasa disebut bore uup kerap dilakukan saat melakukan modifikasi. Tujuannya agar motor/mobil  bisa berlari sekencang – kencangnya.

  • Mengganti warna kendaraan

Anda juga wajib mematuhi peraturan modifikasi motor dan mobil berupa larangan mengubah warna motor yang tercantum di STNK. Alasan mengapa modifikasi warna tidak boleh dilakukan sembarangan karena warna motor dan mobil harus tetap sesuai dengan dokumen yang diterbitkan Mabes Polri.

  • Mengubah pelat nomor

Jangan sekali – kali melakukannya kalau tidak ingin ditilang polisi. Kalau sekedar mempercantik font tulisan nomor kendaraan yang ada di pelat tentu saja diperbolehkan.

Nah, sekarang sudah tahukan perbedaan custom dan modifikasi kendaraan. Apalagi juga sudah tahu hal – hal apa saja yang tidak diperbolehkan jika anda custom dan modifikasi kendaraan anda. Kali ini jangan sampai salah lagi ya..